Minggu, 13 September 2015

Info Dunia "Teknologi Di Masa Depan !!! "

                                       بسم الله لر حمن لر همي         





          Menurut wikipedia, Teknologi Informasi (TI) ialah istilah umum yang digunakan untuk segala jenis teknologi yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.
Seperti yang kita ketahui, Teknologi Informasi mengalami perkembangan yang begitu pesat dari masa ke masa. Bayangkan saja beberapa puluh tahun yang lalu, penyebaran informasi masih berjalan lamban disebabkan belum adanya teknologi yang cukup baik untuk mengirimkan informasi dengan cepat. Televisi, radio, telepon, komputer, hanya dimiliki oleh kalangan tertentu. Tentu saja hal itu menjadi penyebab lambannya penyebaran informasi dari pengirim ke penerima. Zaman dulu, penyebaran informasi masih mendominasi dari mulut ke mulut yang akhirnya menjadikan informasi yang di sampaikan antara satu orang dengan yang lainnya tidak akurat dan tidak bertahan lama.
        Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini Teknologi Informasi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Bahkan tanpa kita sadari, saat ini hampir semua kegiatan kita selalu melibatkan Teknologi Informasi. Saat ini Teknologi Informasi sangat dibutuhkan oleh semua kalangan baik individu, kelompok, perusahaan, pendidikan maupun pemerintahan. Di era globalisasi yang serba modern seperti saat ini, bukan lagi hal yang mustahil bagi kita untuk menikmati berbagai kemudahan layanan baik telekomunikasi, internet, perangkat komputer dan lainnya yang semakin canggih dan praktis.
        

 Hasil gambar untuk benda benda di masa depan                      Hasil gambar untuk kereta di masa depan
         Sebagai seorang penggemar film terutama film-film produksi Hollywood, seringkali saya menjumpai film-film dengan genre Science Fiction menyuguhkan berbagai macam teknologi masa depan yang super canggih dan praktis. Tak jarang pula kita disuguhkan dengan teknologi hologram yang menakjubkan seperti pada film Iron Man, Star Wars, Resident Evil, Minority Report dan Mass Effect. Bisa dikatakan bahwa teknologi hologram yang ada dalam film adalah awal penemuan teknologi canggih masa depan. Pasalnya,  tidak sedikit teknologi yang berasal dari film telah menjadi kenyataan seperti komunikator, tricorder, dan hypospray pada film Star Trek meskipun dalam kenyataan memiliki bentuk yang berbeda-beda. Menurut IBM (International Business Machines) teknologi hologram sedang dikembangkan dan diperkirakan dapat kita nikmati dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.
        Menurut Wikipedia, hologram merupakan jelmaan dari gudang informasi (information storage) yang mutakhir. Kelebihan hologram ialah ia mampu menyimpan informasi yang memuat objek-objek 3 dimensi (3D). Tidak hanya objek-objek yang biasa terdapat di foto atau gambar pada umumnya. Hal itu disebabkan prinsip kerja hologram tidak sesederhana lensa fotografi. Hologram menggunakan prinsip-prinsip difraksi dan interferensi, yang merupakan bagian dari fenomena gelombang.
Hasil gambar untuk hologram
         Dengan kelebihan yang dimiliki, tentunya hologram akan sangat berguna untuk diterapkan dalam industri komputer. Jika komputer menggunakan teknologi hologram, kita hanya membutuhkan sentuhan jari untuk menggunakannya. Dan keyboard yang digunakan bukan lagi keyboard fisik melainkan sebuah projection keyboard atau virtual keyboard.
        Seorang designer asal Korea, Seungha Yoo sedang dalam proyek perencanaan komputer hologram yang dinamakan M-Gram Portable Computer. Dalam penggunaannya, M-Gram Portable Computer nantinya akan dilengkapi dengan proyektor hologram, kamera sensor gerak (motion sensitive camera) dan virtual keyboard. M-Gram Portable Computer juga menggunakan induksi elektomagnetik yang akan memudahkan penggunanya saat mengisi daya baterai karena cukup meletakkan diatas charge-nya saja. M-Gram Portable Computer juga memiliki lampu LED yang otomatis menyala dengan warna hijau ketika baterai sudah penuh dan siap untuk digunakan. Untuk menghubungkan M-Gram Portable Computer dengan perangkat multimedia lain tidak dibutuhkan lagi kabel penghubung karena dapat menggunakan akses Bluetooth.
         Diperkirakan ukuran dari M-Gram Portable Computer ini akan 8 cm lebih kecil dari smartphone pada umumnya.
M-Gram Portable Computer hanyalah salah satu contoh komputer berteknologi hologram masa depan. Banyak lembaga maupun perusahaan lain yang telah menawarkan konsep masa depan   Teknologi Informasi dengan teknologi hologram yang spektakuler dan praktis penggunaannya. Memang konsep-konsep yang ditawarkan akan terealisasi dalam jangka waktu yang lama.

2 komentar: