Jumat, 11 September 2015

Info Dunia "Makan Ice cream ada Penyakitnya???"



                                                                       


        Hmmm.. Lezatnya menyantap es krim saat cuaca terik begini! Eits, tapi benar enggak, sih, kalau kebanyakan makan es krim itu bisa bikin gemuk? Atau benar enggak ya, makan es krim bisa bikin gigi kita berlubang? Yup! Itu namanya mitos. Kita simak, yuk mitos makan es krim .
Di balik lembut dan manisnya rasa es krim, ternyata ada beberapa fakta gizi yang tak terduga. Es krim terbuat dari susu. Susu disebut sebagai makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizi yang lengkap. Para peneliti menemukan lebih dari 100.000 jenis molekul yang terkandung di dalam susu. Selain air dan mineral, molekul-molekul lainnya mencakup protein, karbohidrat, mineral, enzim-enzim, gas, serta sumber vitamin A, C, dan D. O ya, es krim adalah makanan olahan dari susu yang masih banyak kandungan nutrisnya.
         Mitos makan es krim
         Makan es krim bikin gemuk.
Faktanya, kegemukan itu disebabkan oleh energi dan lemak yang berlebihan serta kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Sementara itu, kandungan energi dan lemak dari es krim hanya 10 persen dari total kebutuhan energi yang kita butuhkan. Begitu juga dengan lemak, es krim hanya mengandung 15 persen dari toatal kebutuhan lemak per hari.
Makan es krim bikin batuk pilek
       






Hasil gambar untuk Ice cream


         Faktanya es krim itu makanan yang cepat meleleh ketika masuk ke dalam rongga mulut karena pengaruh suhu tubuh. Jadi saat es krim masuk ke kerongkongan, suhunya sudah tidak sedingin air es. Penyebab batuk pilek justru berasal dari virus atau alergi bawaan yang sudah ada di dalam tubuh.
Makan es krim bikin gigi berlubang
        Faktanya, gigi berlubang disebabkan oleh fermentasi sisa karbohidrat dan gula yang tertinggal pada gigi. Karena itu, setelah makan es krim atau mengonsumsi makanan yang manis, kita dianjurkan untuk minum air putih, berkumur atau menggosok gigi.
        Makan es krim bikin sakit kepala
Faktanya, sakit kepala atau nyeri saat mengonsumsi minuman dingin termasuk es krim, dikenal dengan nama brain freeze . Nyeri pada kepala itu disebabkan oleh pendinginan yang cepat pada sinus frontalis (dua rongga berisi udara yang terletak di belakang dahi sebelah tengah-bawah). Tetapi ada juga yang mengatakan kalau itu disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di langit-langit dan belakang mulut. Akibatnya, saraf rasa nyeri menyebar ke kepala. Soalnya, di bagian belakang mulut terdapat pusat saraf yang disebut sphenopalatine ganglion, saraf inilah penyebab brain freeze.
        Nah, sekarang tidak perlu takut lagi, ya! Mitos makan es krim itu tidak sepenuhnya benar, kok. Yang paling penting, jangan terlalu banyak, imbangi juga dengan makanan sehat lainnya! Setuju?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar