Kamis, 15 Oktober 2015

Fakta-Fakta Tentang planet mars

Belum lama ini, Ilmuwan menemukan jejak air di planet Mars. Dengan begitu, kemungkinan ada kehidupan di Mars semakin besar. Sekarang, kita lihat fakta-fakta baru planet Mars , yuk!
Fakta-fakta baru planet Mars  ini didapat dari kendaraan antariksa bernama Curiosity yang sudah setahun berada di planet merah itu. Lalu, apa saja fakta-fakta baru planet Mars yang ditemukan Curiosity?
Mirip Bumi
Setelah mendarat, Curiosity berhasil mengirimkan foto-foto pertamanya ke Bumi. Salah satu foto yang menarik perhatian adalah foto yang diambil tanggal 8 Agustus 2012. Dalam foto itu, pemandangan di Mars mirip dengan wilayah gurun yang ada di Bumi. Karena kemiripan itu, bahkan, banyak yang mengira kalau itu adalah foto palsu.
Punya Batu yang Mirip Batu Bumi
mars-curiosity-rover-msl-horizon-sky-selfie-PIA19807-br2Fakta-fakta Baru Planet Mars
Foto Curiosity di Mars.
Curiosity berhasil menganalisis batu Mars, yang dinamai Jake Matijevic. Nama ini diambil dari nama insinyur NASA yang meninggal tak lama setelah Curiosity mendarat di Mars. Planet Mars memang memiliki banyak batu dengan jenis yang berbeda-beda. Batu Jake yang dianalisis robot Curiosity ini ternyata mirip dengan batu di Bumi. Batu itu mirip dengan batu yang ditemukan di wilayah kepulauan di lautan, seperti Hawaii dan St Helena. Selain itu, batu yang mirip juga ditemukan di wilayah Rio Grande yang memanjang dari Colorado sampai Chihuahua di Meksiko.
Tanah Mars Sama dengan Tanah di Hawaii
Pada November 2012, Curiosity telah sampai di wilayah Mars yang disebut Rocknest. Di wilayah itu, Curiosity menganalisis tanah Mars. Hasil analisis itu menunjukkan bahwa tanah Mars memiliki kandungan mineral mirip dengan tanah di Hawaii.
Ada Air di Mars
Curiosity menemukan adanya kerikil Mars yang berbentuk melingkar. Ilmuwan lalu mengatakan bahwa kerikil itu merupakan bukti terkuat adanya air di Mars. Menurut ilmuwan, air mengalir di planet merah pada saat musim panas. Tapi, air itu kalau diminum justru akan menyebabkan haus. Sebab itu air garam.
kerikil mars
Kerikil yang ditemukan di Mars.
Bahayanya di Mars
Mars memang punya air, tapi Mars juga punya senyawa beracun seperti sulfat yang bila terhirup akan sangat berbahaya. Belum lagi, radiasi Matahari di Mars yang bisa membahayakan manusia.
Itu dia fakta-fakta baru planet Mars  yang didapat dari Curiosity. Mudah-mudahan teka-teki kehidupan di Mars segera terpecahkan, yaa…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar